Entri Populer

Selasa, 04 Oktober 2011

IP ADDRESS, DOMAIN, NAME SERVER

IP ADDRESS
IP Address/Alamat IP adalah alamat numerik 32-bit ditulis sebagai empat angka yang dipisahkan oleh periode. Tiap nomor dapat nol hingga 255. Sebagai contoh, 1.160.10.240 bisa menjadi alamat IP. Dalam sebuah jaringan terisolasi, Anda dapat menetapkan alamat IP secara acak selama masing-masing adalah unik. Namun, menghubungkan jaringan pribadi ke internet membutuhkan menggunakan alamat IP yang terdaftar (disebut alamat Internet) untuk menghindari duplikasi. Internet Protocol (IP) address adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya. Walaupun alamat IP disimpan sebagai angka biner, mereka biasanya ditampilkan agar memudahkan manusia menggunakan notasi, seperti 208.77.188.16.

DOMAIN
Domain adalah sebuah label identifikasi yang mendefinisikan wilayah otonomi administrasi, wewenang, atau kontrol di Internet . Nama domain adalah nama host yang mengidentifikasi Internet Protocol (IP) sumber daya seperti situs web . Nama domain yang dibentuk oleh aturan dan prosedur dari Domain Name System (DNS). Nama Domain digunakan dalam konteks berbagai jaringan dan aplikasi-spesifik penamaan dan pengalamatan tujuan. Mereka terorganisasi dalam tingkat bawahan (subdomain) dari akar DNS domain, yang tak bernama. Set pertama-tingkat nama domain adalah top-level domain (TLD), termasuk top-level domain generik (gTLD), seperti yang menonjol domain com , net dan org , dan kode negara top-level domain (ccTLD ).  Contoh nama domain .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org(dotorganization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), .mil(dotmilitary), .info (dotinfo), dll.

NAME SERVER
Name Server biasa disingkat dengan NS yang artinya adalah sebuah nama dari sebuah server yang melayani permintaan pointing atau pengarahan domain ke dalam IP Address dari server tersebut. Secara default apabila kita mendaftarkan sebuah domain, domain registrar akan memasukkan name server milik mereka, untuk dapat menggunakan domain tersebut “menunjuk” domain tersebut ke account hosting yang anda miliki nameserver harus dirubah menjadi nameserver milik perusahaan hosting anda. Hosting anda akan membutuhkan minimal dua buah Name Server Authoritative yang menjawab permintaan dari internet terhadap domain anda. Informasi mengenai name server yang digunakan biasanya akan anda dapatkan pada saat account hosting anda diaktifasi oleh penyedia jasa hosting yang anda gunakan. Apabila sebuah domain name/ nama domain untuk sebuah website atau blog telah di pointing atau diarahkan nameservernya kesebuah hosting/ server, domain tersebut akan memiliki sebuah alamat IP atau Internet Protocol. Dimana IP address ini berasal dari server/ hosting tempat sebuah domain di arahkan, dan didalam hosting atau server ini nanti semua data yang akan menjadi isi atau konten dari sebuah website atau blog dengan sebuah nama domain akan disimpan dan diproses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar